Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Madrasah : MAN Cilacap
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : X.3 / Genap
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan Ke : 1 (Satu)
Standar Kopetensi
Meningkatkan iman kepada Allah melalui sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
Kopetensi Dasar
Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-Muqsit, Al-Warist, An-Nafi’, Al-Basith, Al-Hafidz, Al-Waliy, Al-Waduud, Ar-Rafi’, Al-Muizz dan Al-Afwuw).
Indikator
- Menguraikan 10 Asmaul Husna.
- Memaknai 10 Asmaul Husna.
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Menguraikan 10 Asmaul Husna.
- Memaknai 10 Asmaul Husna.
2. Materi Pembelajaran
10 Asmaul Husna (Al-Muqsit, Al-Warist, An-Nafi’, Al-Basith, Al-Hafidz, Al-Waliy,
Al-Waduud, Ar-Rafi’, Al-Muizz dan Al-Afwuw).
3. Metode Pembelajaran
Metode : Pemecahan masalah (Problem Solving)
Pendekatan : Rasional
4. Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal
- Guru memberi salam dan mengawali pembelajaran dengan membaca basmalah.
- Apersepsi dan motivasi serta menyampaikan materi pembelajaran yang akan dikaji.
b. Kegiatan Inti
I. Eksplorasi
- Menjelaskan secara umum, tentang masalah yang harus dipecahkan terkait dengan 10 Asmaul Husna.
- Membagi siswa menjadi 5 kelompok.
- Masing-masing kelompok mencari sebanyak mungkin untuk analisis.
II. Elaborasi
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil pemecahan dari masalah yang telah diberikan oleh guru, agar semua murid dapat memahami keseluruhan materi dari kelompok satu sampai dengan kelompok lima.
- Memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk menanyakan terkait dengan hasil pemecahan masalah yang dipresentasikan oleh salah satu kelompok.
III. Konfirmasi
- Mengklarifikasi dan menyimpulkan hasil dari pemecahan dari beberapa kelompok yang ada.
- Evaluasi
c. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a dan salam.
5. Alat / Sumber Belajar
- Alat
- Kartu yang berisi pokok masalah untuk dipecahkan
- Teks yang terkait dengan Asmaul Husna
- White boar
- Spidol
- Sumber Belajar
- Buku paket Aqidah Akhlak kelas x
- LKS Aqidah Akhlak kelas x semester genap
- Buku referensi sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
6. Penilaian
a. Kognitif (Tes lisan / Tertulis)
No | Item Soal | Bobot | Catatan |
1 | Jelaskan pengertian Asmaul Husna | 3 | |
2 | Apa makna yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna | 4 | |
3 | Apa yang dimaksud dengan : a. Al-Waliy b. Al-Waduud c. An-Nafi’ | 4 4 5 | |
Cilacap. 21. Januari 2010
Mengetahui
Guru Pamong Mapel Aqidah Akhlak Moh.Sulaiman S.Pd. I. NIP : 19800104 200501 1 003 | Mahasiswa Praktikan (PPL) Nasuha NIM : 0623 20721 |