February 03, 2011

RPP Aqidah Akhlak smester genap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Madrasah : MAN Cilacap
Mata Pelajaran    : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester   : X.2 / Genap
Pertemuan Ke      : 1 (Satu)
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit

Standar Kopetensi
Meningkatkan iman kepada Allah melalui sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
Kopetensi Dasar
Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-Muqsit, Al-Warist, An-Nafi’, Al-Basith,
Al-Hafidz, Al-Waliy, Al-Waduud, Ar-Rafi’, Al-Muizz dan Al-Afwuw).
Indikator
-    Menjelaska pengertian Asmaul Husna.
-    Menguraikan 10 Asmaul Husna.
-    Memaknai 10 Asmaul Husna.
1.      Tujuan Pembelajaran
    Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
-    Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
-    Menguraikan 10 Asmaul Husna.
-    Memaknai 10 Asmaul Husna.
2.      Materi Pembelajaran
10 Asmaul Husna ( Al-Muqsit, Al-Warist, An-Nafi’, Al-Basith, Al-Hafidz,  Al-Waliy, Al-Waduud, Ar-Rafi’, Al-Muizz dan Al-Afwuw).
3.      Metode Pembelajaran
Metode      : Ceramah da tanya jawab
Pedekatan : Learning Community, Rasional
4.      Langkah-Langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
-          Guru memberi salam dan megawali pembelajaran dengan membaca basmalah.
-          Perkenalan
-          Apersepsi dan motifasi
b.      Kegiatan Inti
                   I.      Eksplorasi
-          Menyampaikan materi yang akan dikaji pada pertemuan ini.
-          Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
-          Menguraikan dan memaknai 10 Asmaul Husna.
-          Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan konsep dan istilah yang kurang dipahami.
                II.      Elaborasi
-          Para siswa diberi kesempatan untuk menanggapi pertanyaan temannya.
-          Siswa lain diberi kesempatan untuk bertanya kembali.
-          Beberapa siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan temannya.
             III.      Konfirmasi
-          Memberikan klarifikasi dari jawaban dan presentasi siswa tentang hasil kajian.
c.        Kegiatan Akhir
-          Menyimpulkan
-          Evaluasi
-          Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a.
5.      Alat / Sumber Belajar
a.      Alat
-          White boar
-          Spidol
-          Lembar kajian
b.      Sumber Belajar
-          Buku paket Aqidah Akhlak kelas x
-          LKS
-          Buku yang relevan

6.      Penilaian
a.        Kognitif
b.       Afektif
  * Alat Penilai
a.    Kognitif (Lisan / Tertulis)
No
Item Soal
Bobot
Keterangan
1
Jelaskan pengertian Asmaul Husna
4

2
Apa makna yang terkadung dalam 10 Asmaul Husna
5

3
Apa arti dari 10 Asmaul Husna
4

4
Jelaskan arti dari 10 Asmaul Husna
4


     Cilacap 20. Januari 2010
Mengetahui

Guru Pamong
Mapel Aqidah Akhlak



Moh.Sulaiman S.Pd. I.
NIP : 19800104 200501 1 003
Mahasiswa Praktikan
(PPL)



Nasuha
NIM : 0623 20721

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...