Denting jam terus berputar seirin berjalanyan kehidupan ini, ada derita yang tanpa ku sadari kini mendera hati, saat sahabat ku kini tlah tiada dalam reklamasi kehidupan, untuk sahabatku yang hilang dan hampir hilang hanya ucapan terimakasih atas segala yang telah kau perrbuat pada diriku, ada sejuta kenangan manis terjerat dalam hatiku saatku mengingat wajahmu, kutak pernah menyesali perpisahan ini danku tak pernah menyesali pertemuan kita dulu karna kini ku sadari setiap ada pertemuan pastika ada perpisahan yangkan mendera walau itu sakit terasa, selamat berpisah sobat terus berjuan dan jangan pernah berhenti berjuang karna ku yakin di balik perpisahan ini ada berjuta kebahagian yang kan kau dapati dalam menapaki kehidupan, ku juga mengerti perpisahan ini bukan kehendakmu tapi cita - citalah yang mengharuskan kita berpisah, disini ku hanya bisa mengenang masa lalu yang pernah kita lewati, sembariku berdoa semoga tercapai cita – citamu tuk menggapai semua impian yang selama ini kau impikan. Selamat berjuang sobat aku disini berssamamu…..!!!!
March 11, 2011
February 15, 2011
Manfaat Donor Darah
Donor darah adalah proses di mana penyumbang darah secara suka rela diambil darahnya untuk disimpan di bank darah, dan sewaktu-waktu dapat dipakai pada transfusi darah.
Manfaat donor darah :
1. Mengetahui golongan darah tanpa dipungut biaya
2. Pemeriksaan kesehatan teratur (tiap kali menjadi donor/tiap 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi badan, berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C, penyakit HIV/AIDS.
3. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh
4. Menurunkan resiko penyakit jantung (jantung koroner dan stroke (British Journal Heart)
5. Menambah nafsu makan
6. Menanamkan jiwa sosial
7. Sekali menjadi Donor dapat menolong/menyelamatkan 3 oang pasien yang berbeda
8. Menyelamatkan jiwa seseorang secara langsung
Manfaat donor darah :
1. Mengetahui golongan darah tanpa dipungut biaya
2. Pemeriksaan kesehatan teratur (tiap kali menjadi donor/tiap 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi badan, berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C, penyakit HIV/AIDS.
3. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh
4. Menurunkan resiko penyakit jantung (jantung koroner dan stroke (British Journal Heart)
5. Menambah nafsu makan
6. Menanamkan jiwa sosial
7. Sekali menjadi Donor dapat menolong/menyelamatkan 3 oang pasien yang berbeda
8. Menyelamatkan jiwa seseorang secara langsung
Lebih lanjut tentang: Manfaat Donor Darah
February 03, 2011
RPP Aqidah Akhlak kelas 3 smstr gnap
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Madrasah : MAN Cilacap
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : X.3 / Genap
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pertemuan Ke : 1 (Satu)
Standar Kopetensi
Meningkatkan iman kepada Allah melalui sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
Kopetensi Dasar
Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-Muqsit, Al-Warist, An-Nafi’, Al-Basith, Al-Hafidz, Al-Waliy, Al-Waduud, Ar-Rafi’, Al-Muizz dan Al-Afwuw).
Indikator
- Menguraikan 10 Asmaul Husna.
- Memaknai 10 Asmaul Husna.
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu :
- Menguraikan 10 Asmaul Husna.
- Memaknai 10 Asmaul Husna.
2. Materi Pembelajaran
10 Asmaul Husna (Al-Muqsit, Al-Warist, An-Nafi’, Al-Basith, Al-Hafidz, Al-Waliy,
Al-Waduud, Ar-Rafi’, Al-Muizz dan Al-Afwuw).
3. Metode Pembelajaran
Metode : Pemecahan masalah (Problem Solving)
Pendekatan : Rasional
4. Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal
- Guru memberi salam dan mengawali pembelajaran dengan membaca basmalah.
- Apersepsi dan motivasi serta menyampaikan materi pembelajaran yang akan dikaji.
b. Kegiatan Inti
I. Eksplorasi
- Menjelaskan secara umum, tentang masalah yang harus dipecahkan terkait dengan 10 Asmaul Husna.
- Membagi siswa menjadi 5 kelompok.
- Masing-masing kelompok mencari sebanyak mungkin untuk analisis.
II. Elaborasi
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil pemecahan dari masalah yang telah diberikan oleh guru, agar semua murid dapat memahami keseluruhan materi dari kelompok satu sampai dengan kelompok lima.
- Memberikan kesempatan kepada masing-masing kelompok untuk menanyakan terkait dengan hasil pemecahan masalah yang dipresentasikan oleh salah satu kelompok.
III. Konfirmasi
- Mengklarifikasi dan menyimpulkan hasil dari pemecahan dari beberapa kelompok yang ada.
- Evaluasi
c. Kegiatan Akhir
- Penugasan
- Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do’a dan salam.
5. Alat / Sumber Belajar
- Alat
- Kartu yang berisi pokok masalah untuk dipecahkan
- Teks yang terkait dengan Asmaul Husna
- White boar
- Spidol
- Sumber Belajar
- Buku paket Aqidah Akhlak kelas x
- LKS Aqidah Akhlak kelas x semester genap
- Buku referensi sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan
6. Penilaian
a. Kognitif (Tes lisan / Tertulis)
No | Item Soal | Bobot | Catatan |
1 | Jelaskan pengertian Asmaul Husna | 3 | |
2 | Apa makna yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna | 4 | |
3 | Apa yang dimaksud dengan : a. Al-Waliy b. Al-Waduud c. An-Nafi’ | 4 4 5 | |
Cilacap. 21. Januari 2010
Mengetahui
Guru Pamong Mapel Aqidah Akhlak Moh.Sulaiman S.Pd. I. NIP : 19800104 200501 1 003 | Mahasiswa Praktikan (PPL) Nasuha NIM : 0623 20721 |
Subscribe to:
Posts (Atom)